Pria yang Membunuh Ibunya di Kabupaten Solok akan Jalani Tes Kejiwaan

Pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap S (49), pria yang tega membunuh ibunya sendiri, M (71) di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Polisi menduga S mengalami gangguan jiwa. Peristiwa dugaan pembunuhan terjadi di Jorong Padang Laweh, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar, Sabtu (13/11/2021).

Korban berinisial M (71) dan pelaku merupakan anaknya sendiri berinisial S (49) yang bekerja sebagai petani. Hingga Minggu (14/11/2021) kemarin, perkara pembunuhan tersebut sudah ditangani oleh Polres Solok. Diduga menghabisi nyawa ibunya sendiri dengan cangkul saat sedang tertidur di dalam rumah.

Korban mengalami luka robek pada kepala bagian belakang sebelah kanan dan pada bibirnya. "Informasinya pelaku ini (diduga) memang mengalami gangguan kejiwaannya," kata Kasat Reskrim Polres Solok, Iptu Rifki Yudha Ersanda. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak yang berkompeten.

"Kalau dari kasat mata, kita melihatnya memang seperti itu," ujar Iptu Yudha Ersanda. Pihaknya tidak dapat menyatakan bahwa pelaku memang mengalami gangguan jiwa, sehingga meminta pihak yang berkompeten. "Tetap yang berwenang menyatakan yang bersangkutan mengalami gangguan mental atau tidak ada yang berkompeten," katanya.

Pelaku saat dimintai keterangan masih merespon. "Pelaku merespon apa yang kita tanyakan, tapi pembicaraannya tidak menyambung," katanya. Sebelumnya, kasus pembunuhan di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sambar) ini sempat membuat geger warga.

Insiden terjadi di Jorong Padang Laweh, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). "Informasinya memang ada, kami sekarang sedang melakukan pengecekan ke TKP (tempat kejadian perkara)," kata Iptu Rifki Yudha Ersanda. Saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab korban meninggal dunia.

"Laporannya di Polsek Lembah Gumanti, nanti mungkin akan dilimpahkan ke Polres Solok," kata Iptu Rifki Yudha Ersanda. Sejauh ini pihaknya mendapatkan informasi dari Polsek Lembah Gumanti peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Terduga pelaku diduga merupakan anak dari korban sendiri yang tega menghabisi nyawa ibunya.

"Iya benar ada kejadian pembunuhan yang dilakukan oleh terduga pelaku, terhadap ibu kandungnya sendiri ," kata Iptu Rifki Yudha Ersanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.