Tips Aman Berkendara Sepeda Motor saat Hujan, Persiapan Diri hingga Jaga Jarak Aman

Musim hujan membuat para pengendara sepeda motor harus ekstra hati hati. Selain karena jalan licin, situasi lalu lintas yang padat dan pandangan yang terhalang menjadikan pengendara sepeda motor harus mengantisipasi keamanan dalam berkendara saat hujan. Jika pengendara sepeda motor mengabaikan keamanan berkendara saat musim hujan, hal ini bisa menjadi pemicu kecelakaan.

”Mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama," ujar Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers area Sumatera Selatan, Bengkulu, dikutip dari pada Senin, (15/11/2021). Selain itu, Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) juga membagikan beberapa tips aman berkendara sepeda motor pada saat hujan melalui akun Instagram resminya, . #KawulaModa #MinHub punya tips berkendara motor pada saat hujan, simak pada video berikut dan share tips ala kalian juga di komen. #TransportasiMaju ," tulis caption akun @kemenhub151

Sebelum keluar saat turun hujan, cek kondisi badanmu terlebih dahulu. Ada baiknya jika kamu berkendara saat kondisi tubuhmu sedang fit dan bugar, terutama pada saat musim hujan. Sebelum berangkat, lebih baik kamu mengecek fungsi lampu sepeda motormu.

Lampu sepeda motor yang hidup saat musim hujan membantu pengendara melihat kondisi jalan dengan jelas saat hujan. Tidak hanya lampu depan yang menyala, melainkan lampu belakang pun wajib untuk menyala, terutama saat hujan lebat. Lampu belakang yang hidup dapat membantu memberikan tanda kepada pengendara lain jika terdapat kendaraan di depannya.

Pastikan tekanan udara pada ban dalam keadaan normal. Selain itu, kondisi ban yang halus dapat mempermudah pengendara sepeda motor untuk tergelincir. Selain melindungi tubuh dari hujan, fungsi jas hujan dapat mengurangi rasa dingin dan menjaga tas serta barang bawaan terhindar dari air hujan.

Jas hujan yang disarankan adalah jas hujan berjenis setelan. Jas hujan jenis ponco dikhawatirkan akan tersangkut di bagian rantai atau roda sepeda motor. Helm sangat penting berfungsi untuk melindungi bagian kepala saat berkendara.

Helm berkaca akan membantumu menutupi bagian mata dan muka dari tetesan air hujan secara langsung, sehingga kamu tidak akan mengalami mata pedih. Kamu juga disarankan menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara. Pada saat hujan, keadaan dan situasi jalan sangatlah berbeda dengan kondisi normal.

Jalanan menjadi licin dan kabut air hujan menutupi pandangan, oleh karena itu kamu harus lebih berhati hati dalam berkendara. Jangan ngebut dan kurangi kecepatan berkendara saat turun hujan. Berkendara saat hujan tetap harus memperhatikan jarak aman antara pengendara satu dengan pengendara lain.

Menjaga jarak kendaraan di atas jarak normal menjadi salah satu tindakan yang tepat selama berkendara ketika hujan. Berikut ini peringatan yang dibagikan Kemenhub untuk menjaga keamanaan berkendara saat hujan: A. Jangan menyalakan mesin saat terjebak banjir

B. Hati hati dengan genangan air C. Jangan berteduh dibawah JPO dan terowongan yang dapat mengganggu pengguna jalan lain. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.