Retno Setyowati, Kades Termuda di Madiun Meninggal setelah Terpapar Covid-19, Ini Sosoknya

Kepala desa (kades) termuda di Kabupaten Madiun, Jawa Timur meninggal dunia akibat terpapar Covid 19. Dia adalah Retno Setyowati (33), Kepala Desa Tiron, Kecamatan/Kabupaten Madiun. Retno meninggal setelah sehari menjalani perawatan di rumah sakit.

Sosoknya dikenal sebagai kades yang aktif dalam membantu warga. Kades termuda itu menghembuskan napas terakhirnya di RS Santa Clara, Kota Madiun, Sabtu (10/7/2021). Diketahui, Retno Setowati resmi dilantik menjadi Kades tanggal 16 Desember 2019 oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami.

Ia dikenal sebagai pemimpin yang sering terjun ke lapangan. Retno selalu aktif dan serius memperhatikan warga desanya. Contohnya selama Pandemi Covid 19 ini, Dinas Pendidikan aktif menyalurkan bantuan pada masyarakat.

Retno sebagai kades pun tak ingin hanya duduk di belakang meja dalam penyaluran bansos. Tapi langsung terjun untuk memastikan bansos ke masyarakat Desa Tiron yang layak menerimanya. Sementara itu, kabar duka tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Madiun Joko Lelono, ketika dikonfirmasi, Surya.co.id, Minggu (11/7/2021).

Disebutkan, Retno Setyowati sehari sebelumnya dirawat di RS. "Dirawat hari Jumat, hari Sabtunya meninggal dunia," ujarnya. Ia memiliki penyakit penerta yaitu asam lambung.

Selain Retno, ada satu lagi kepala desa yang meninggal karena Covid 19 di Kabupaten Madiun. Dia mengatakan, saat ini kasus positif Covid 19 lagi melonjak di seluruh daerah. Namun, seluruh kepala desa harus menjadi penanggung jawab wilayah sekaligus kepala satgas Covid 19 di lingkup desa.

Oleh sebab itu, dia meminta kepada seluruh kepala desa dan perangkat desa agar menjaga kesehatan dengan disiplin protokol kesehatan. Apabila merasa kurang sehat, sebaiknya istirahat dan digantikan dengan aparat desa lainnya. “Memang ini tugas yang mulia menyelamatkan masyarakat dari Covid 19, tetapi jangan lupa harus tetap menjaga kesehatan diri sendiri,” ucapnya.

Atas kejadian itu, keluarga besar DPMD Kabupaten Madiun turut berbelasungkawa. Mereka merasa kehilangan atas meninggalnya dua kepala desa tersebut. Joko berharap tidak ada lagi kepala desa di Kabupaten Madiun yang meninggal karena terkena Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.