Tangki Kilang Pertamina di Cilacap Terbakar, Hanya Satu Tangki, Pertamina: Pasokan BBM Aman

Tangki minyak Pertamina di Cilacap terbakar pada Sabtu (13/11/2021) malam. Kebakaran tangki di unit area kilang 36 T102 Pertamina ini berisi pertalite. General Manager Kilang Pertamina RU IV, Eko Sunarno, mengatakan komponen kebakaran terjadi pada area 36 T102 merupakan bahan komponen pertalite berkapasitas 31.000 kilo liter.

Alhamdulillah, kondisi tangki bisa diisolasi." "Terkait unit proses masih berjalan normal, hanya kapasitas kita sesuaikan." Pihak pertamina memastikan, untuk unit proses berjalan aman dan pasokan BBM tidak terganggu.

Area Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility PT Pertamina, menyatakan pasokan untuk pertalite dan LPG ke wilayah Jawa Tengah serta Yogyakarta dalam kondisi aman. Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, mengatakan adanya kebakaran di satu tangki minyak Pertamina di Cilacap, Sabtu (13/11/2021) malam. "Jadi kami mendapatkan informasi terjadi kebakaran di salah satu tangki berisi produk pertalite."

Lebih lanjut, Ifki menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran tangki. Selain itu, pihakPertaminajuga melakukan pengecekkan kondisi masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan kondisi masyarakat dalam kondisi aman. Diketahui, kurang lebih ada sekitar 80 warga di Kelurahan Lomanis dekat area kebakaran yang mengungsi di Aula Masjid dan kelurahan setempat akibat terbakarnya tangki kilang Pertamina Cilacap.

Diberitakan , kebakaran tangki kilang minyak produk pertalite terjadi pada Sabtu (13/11/2021) pukul 19.20 WIB. Menurut Kapolres Cilacap AKBP, Eko Widiantoro, jalan masuk ke area sekitar kilang minyak yang tangkinya terbakar itu sudah dialihkan. Tujuannya, untuk memastikan warga tetap berada dalam titik jarak yang aman.

"Kami terjunkan anggota dari satlantas, sabhara, polsek, dan distrik, juga berkoodinasi dengan pemadam kebakaran untuk membantu pemadaman api," ujarnya dalam telewicara dengan Kompas TV. Ia belum bisa memberikan keterangan terkait penyebab karena saat ini semua tim sedang fokus untuk pemadaman kebakaran di kilang minyak Pertamina Cilacap itu. Sebelumnya, Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya dalam telewicara juga sudah berupaya melakukan pemadaman dan penyekatan supaya api tidak meluas.

Selain itu, water sprinkle juga digunakan untuk mendinginkan area tangki kilang minyak Pertamina di Cilacap yang terbakar. Simak berita lainnya terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.