5 Artis Soroti Penyambutan Kebebasan Saipul Jamil, Inul Daratista sempat Bela Kini Minta Maaf

Berikut deretan artis artis yang turut menyoroti penyambutan kebebasan Saipul Jamil hingga kemunculannya di televisi. Bahkan menyebut penyambutan kebebasan sang pedangdut itu dinilai berlebihan. Sebelumnya, Saipul Jamil menjalani lima tahun masa tahanan di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, setelah terbukti melakukan pelecehan seksual pada anak di bawah umur dan tersandung kasus suap.

Setelah bebas, Saipul Jamil sempat diundang mengisi program acara televisi. Hal itu langsung memunculkan kritik dan komentar dari berbagai pihak. Terkait hal itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akan mengkaji ulang tayangan yang menampilkan Saipul Jamil sebagai bintang tamu.

Tak hanya itu, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bahkan menyerukan aksi boikot Saipul Jamil di TV. Bahkan sejumlah artis turut menyoroti peristiwa ini, termasuk Najwa Shihab hingga Zaskia Adya Mecca. Sementara itu, pedangdut Inul Daratista sempat membela, namun kini menyampaikan klarifikasi dan permintaan maafnya.

Presenter Najwa Shihab menyampaikan tanggapan soal penyambutan kebebasan Saipul Jamil melalui akun Instagram pribadinya, @najwashihab. Najwa Shihab mengunggah video bertajuk Glorifikasi dan Bahaya Normalisasi Kekerasan Seksual pada Minggu (5/9/2021) kemarin. Dalam video yang berdurasi tiga menit 19 detik itu, menunjukkan momen Saipul saat keluar dari Lapas Cipinang.

Kekasih Indah Sari itu disambut dengan karangan bunga dan menaiki Porsche. Melalui unggahannya, Najwa menuliskan dampak tindakan penyambutan Saipul Jamil yang dinilai berlebihan. "Perilaku ini lama kelamaan bisa membuat 'pemakluman' atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang dilakukannya," tulis Najwa Shihab.

"Yang enggak kalah bahaya, orang orang bisa enggak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual. Selain itu, perilaku ini juga bisa bikin orang orang jadi merasa 'biasa' melihat para pelaku kekerasan seksual," lanjutnya. Dalam tulisannya, Najwa turut menyinggung soal ketakutan korban. "Belum lagi hal ini juga bisa membuat korban semakin takut buat berbicara dan terbuka. Hadeh," tandas Najwa Shihab.

Komika Kemal Palevi ikut menyampaikan tanggapan melalui akun Twitter pribadinya, @kemalpalevi, Sabtu (4/9/2021). Menurut Kemal, dalam penyambutan itu Saipul Jamil terlihat memposisikan dirinya layaknya korban tindak asusila. Bahkan, Kemal turut memberikan komentar soal Saipul Jamil yang diundang stasiun televisi setelah bebas.

"Apa cuma di Indonesia, mau sekontroversi apapun orangnya, sudah masuk penjara kek, dihujat se Indonesia, selalu habis masalahnya kelar, kayak nggak ada apa aa gitu," ungkap Kemal. "Tahu tahu sudah syuting tv lagi. Tahu tahu sudah nge YouTube lagi dan penggemarnya tetap banyak," tambahnya. Inul Daratista menyatakan dukungannya kepada Saipul Jamil yang kembali di dunia entertainment.

Bahkan, ia menyebut sudah janjian akan membuat lagu bareng Saipul Jamil nantinya. Ibu anak satu ini juga membela sang sahabat dari hujatan warganet. "Ini pesen aja buat para netizen atau buat orang orang yang nge bully Abang, gue nggak suka banget," ungkapnya dikutip dari KH Infotainment, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, lima tahun penjara merupakan hukuman yang cukup berat buat Saipul Jamil. "Dia udah sekolah jadi nggak perlu ditambah tambahin lagi masalah yang ada," ucap Inul. Terkait tanggapannya itu, kini istri Adam Suseno meminta maaf.

Permintaan maafnya disampaikan melalui Instagram @inul.d, Senin (6/9/2021). Dalam unggahan itu, ia menyebut Saipul Jamil dengan nama Si Fulan. "Saya MEMINTA MAAF yg sebesar besarnya jika dlm tayangan dan komentar saya tentang si Fulan sangat menyakiti anda semua,

Sejujurnya tdk ada niatan utk apapun. Dgn si fulan pun sbg teman . Bagi saya selalu melihat sisi baik seseorg sj meski tindakannya tdk baik. Wajar lama tdk bertemu lalu berjumpa kembali," ucapnya.

Pun istri Adam Suseno itu menegaskan tidak ada niat untuk mengistimewakan Saipul Jamil. "Bagi sy apapun hal negativ yg ada pd dirinya,saya tdk turut campur. Dlm sebuah program kadang kita dituntut harus bisa membuat isi dr program bagus dan menarik

Meski di luar on air tdk ada hal apapun yg hrs di bahas dan dilakukan. Dan hub sebatas teman dan cerita apapun soal si fulan .. siapapun sbg teman Sy selalu mendoakan yg terbaik dan Tidak ada kata Meng istimewakan," ujar Inul Daratista.

Zaskia Adya Mecca menyampaikan keresahannya di akun Instagram pribadinya, @zaskidyamecca. Istri Hanung Bramantyo itu menuliskan kritik terhadap Saipul Jamil melalui postingan di Instagram Story nya. Hingga membandingkan aksi euforia kebebasan Saipul Jamil dengan Miss Universe.

"Asli dari kemarin mau komenin ini. Gak habis pikir bisa bisanya keluar penjara langsung keluarin bunga. Dadah dadah sumringah. Lambaikan tangan macam Miss universe?" "Terus bilang gak dendam ama korban yang masukin dia ke penjara? Ini dunia apa sih? Logika semua macam terbalik? Kok bisa ada yang menikmati? Heran!" Tulisnya. Arie Kriting bersuara melalui akun Instagram pribadinya @arie_kriting.

Ia pun mengambil keputusan tegas menolak tawaran dari stasiun televisi yang telah menyiarkan Saipul Jamil. Dalam unggahannya, ia membagikan tangkapan layar pesan dari salah seorang kru TV. Pesan itu berisikan pernohonan izin untuk mengambil potongan video di Instagram milik Arie Kriting.

"Hello, kami dari tim WARGA +62 Trans7 memohon izin dapatkah kami menggunakan beberapa potongan video ini untuk tayangan pendukung dalam program kami? Dan tentunya Kami akan cantumkan nama chanel Instagram anda pada tayangan WARGA +62 Trans7. Kami menunggu tanggapan Anda, Sebelumnya kami ucapkan terima kasih," tulis pesan seorang kru TV. Ia langsung menolak potongan video miliknya ditayangkan di TV tersebut. "Enggak. TV kalian ngasih ruang untuk pedofil dan pelaku pelecehan untuk disambut kembali selayaknya pahlawan. Nggak usah munculin apa apa dari saya," kata Arie Kriting

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.