Hal hal Yang Anda Ketahui Dalam Pengiriman Ke Luar Negeri

Sulit dipercaya betapa cepatnya dunia tampak berkembang bukan? Pesan dikirim antar negara dalam sekejap, orang dapat melakukan perjalanan keliling dunia dalam rentang sehari, dan mengirim paket ke orang yang dicintai di luar negeri ataupun menerima kiriman paket dari luar negeri akan menjadi lebih terjangkau bagi semua orang.

Contohnya apabila seseorang yang berada di negara Singapore ingin memberi kita sebuah hadiah, maka dari itu akan terjadi sebuah pengiriman Singapore ke Indonesia.

Apa saja Hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam pengiriman ke luar negeri?

Pengiriman internasional terus berkembang setiap tahun dengan semakin banyak paket melintasi perbatasan, jadi kami menyusun beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat melakukan pengiriman internasional.

  1. Ketahui siapa yang Anda kirim

Yang ini mungkin tampak seperti no-brainer, tetapi ini sangat penting. Penipu semakin mahir membuat penipuan yang dilakukan dari negara lain. Mereka menggunakan email untuk menjalin hubungan dan kemudian mengirimkan barang kepada mereka tanpa maksud untuk memberikan penggantian biaya atau pekerjaan yang diminta untuk diselesaikan pada barang Anda. Sebagian besar penipuan internasional melibatkan pengiriman uang melalui layanan seperti Western Union, tetapi terkadang penipu menginginkan barang nyata dikirimkan kepada mereka.

  1. Ketahui apa yang Anda kirim

Sekali lagi, no-brainer, kan? Meskipun item tertentu mungkin tampak tidak berbahaya atau dapat diterima untuk pengiriman domestik, operator seperti DHL, FedEx, UPS, dan USPS memiliki peraturan yang harus dipatuhi saat pengiriman ke luar negeri.

Salah satu contoh umum adalah elektronik yang ditenagai oleh baterai lithium. Melakukan pengiriman  beberapa laptop secara domestik melalui layanan Ground dapat diterima, tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa Anda hanya dapat mengirim maksimal dua baterai atau empat sel secara internasional dan baterai tersebut harus dipasang di item yang diberi daya.

  1. Ketahui di mana Anda mengirim

Setiap negara berbeda dan oleh karena itu setiap negara memiliki daftar sendiri item apa yang akan mereka terima. Misalnya dinegara meksiko yang mana jarang mengizinkan pakaian bekas masuk ke negara itu. Terkadang tergantung di mana barang itu diproduksi yang dapat mencegahnya masuk ke negara yang dituju. Variabel lainnya adalah gejolak politik di dalam negeri. Ada periode waktu di musim panas 2014 ketika DHL menolak untuk mengirimkan paket apa pun ke Rusia selama krisis Ukraina.

  1. Ketahui dokumentasi apa yang Anda butuhkan

Item yang berbeda memerlukan jenis dokumen yang berbeda. Yang paling umum adalah Faktur Komersial . Ini adalah daftar rinci pengirim, penerima, dan daftar semua barang yang dikirim termasuk nilai dan negara asalnya (tempat pembuatannya). Dalam kebanyakan kasus, jika semua yang Anda kirimkan adalah dokumen, maka Anda tidak perlu mengisi faktur komersial. Ada formulir lain yang mungkin perlu diisi tergantung pada apa yang Anda kirim dan ke mana Anda mengirimnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.